PSM Gitasurya UMM Raih Tiga Emas di Italia

 

13592277_1231158573563950_406326219514417409_nPADUAN Suara Mahasiswa (PSM) Gitasurya Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali menorehkan prestasi internasional. Tak tanggung-tanggung, tiga emas dan satu perak diraih dalam dua kompetisi sekaligus di Italia, yakni 9thRimini International Choral Competition pada 24-27 September dan 1st International Choir Festival Puccini pada 30 September hingga 4 Oktober 2015.

Di Rimini, tim yang berjumlah 36 mahasiswa berhasil meraih emas dalam Mixed Category dan perak dalam kategori Folklore. Sedangkan di Puccini, PSM Gitasurya meraih emas untuk masing-masing Mixed Category dan Folklore. “Ini sebuah pengalaman yang luar biasa. Saat di Rimini kami juga mewakili Asia karena tidak ada negara Asia lain yang mengikutinya. Kalau di Puccini, Tiongkok juga ikut dalam perlombaan. Tapi kami jadi satu-satunya yang mewakili Indonesia,” ujar Nanda Avieatharsya, mahasiswi Akuntansi UMM 2013 yang turut serta perlombaan ke Italia.

Ia bercerita, sebelum berangkat dari Indonesia hingga tiba di Italia, ia dan timnya merasa cemas. Tak heran, pesaing mereka berasal dari 16 negara. “Sebagian dari mereka bahkan sudah professional singer. Sempat minder bisa menang atau tidak ya,” katanya.

Namun, semua pesimisme itu buyar saat PSM Gitasurya menampilkan performanya. Banyak pesaingnya yang kemudian penasaran hingga terkagum-kagum dengan satu-satunya paduan suara yang mewakili Indonesia ini. Dukungan tidak hanya datang dari dalam negeri dan sesama anggota PSM Gitasurya, salah satu kompetitor asal Polandia pun turut mendukung mereka agar jadi juara. “Kalian harus jadi juara, kalian luar biasa,” tutur Nanda mengutip perkataan peserta dari Polandia.

Dari segi penampilan, PSM Gitasurya memang totalitas. Ketika menyanyikan lagu Betawi misalnya, kostum pun menyesuaikan dengan mengenakan busana Betawi. “Ini mungkin yang dilihat para peserta lainnya. Indonesia sangat unik dan berbeda dari negara lain,” katanya.

“Kami bangga bisa membawa nama harum Indonesia di kancah Internasional. Semoga PSM Gitasurya ke depan akan terus berprestasi baik di kancah nasional maupun internasional,” harap Nanda.

Sebelumnya, Pada 2013, PSM Gitasurya juga pernah meraih prestasi internasional, tepatnya di ajang Choral Busan Festival and Competition yang diselenggarakan oleh Korea Choral Institute di Busan Cultural Centre, Korea Selatan, 16-19 Oktober 2013. Kala itu, PSM Gita Surya berhasil meraih Bronze Prize atau juara III kategori Classical Mixed Voices(zul/han)

Similar Articles

Rektor Dukung PSM “... Setelah melalui seleksi ketat, kelompok paduan suara mahasiswa (PSM) Gita Surya Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dinyatakan masuk nominasi finalis Busan Choral Festival and Competition di Korea Selatan.
PSM “Gita SuryaR...   ADA kabar gembira dari negeri ginseng Korea Selatan. Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Gita Surya Universitas Muhammadiyah (UMM) berhasil meraih Bronze Prize atau juara III kategori Classical
PSM Gita Surya Juara 1 Lo... SURABAYA, Mediahasiswa.com – Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Gita Surya Universitas Muhammadiya Malang (UMM) meraih juara I dalam Lomba Paduan Suara Tingkat Kopertis wilayah VII Jawa Timur yang
PSM “Gitasurya̶... Tim Paduan Suara Mahasiwa (PSM) Gita Surya Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil menyabet juara II dalam “4thBrawijawa Choir Festival” se-Jawa Timur. Acara digelar di Gedung Rektorat lt.
PSM “Gita SuryaR... ANTUSIASME penonton menyaksikan penampilan Paduan Suara Mahasiswa(PSM) Gita Surya UMM sangat besar. Sebanyak 400 kursi di Aula Teknik UMM terisi penuh. Bahkan adasejumlah penonton yang relahberdiri. Konser
1 Medali Emas dan 2 Medal... Berkompetisi dalam Festival Paduan Suara ITB ke XXIV membawa Paduan Suara Mahasiswa “Gitasurya” Universitas Muhammadiyah Malang meraih 1 medali emas dan 2 medali perak .Festival paduan suara