Rektor Dukung PSM “Gitasurya” UMM Berangkat ke Busan Korea

PSM “Gitasurya” UMM mengisi Acara Wisuda Universitas Muhammadiyah Malang

Setelah melalui seleksi ketat, kelompok paduan suara mahasiswa (PSM) Gita Surya Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dinyatakan masuk nominasi finalis Busan Choral Festival and Competition di Korea Selatan. UMM akan bersaing dengan 48 tim dari 13 negara di Korea Choral Institute, 16-19 Oktober depan.

Rektor UMM Muhadjir Effendy menyatakan apresiasinya pada tim PSM Gita Surya dan akan memberi dukungan dana. Kompetisi tingkat internasional merupakan bagian yang selalu diperhatikan untiversitas agar diikuti oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) lainnya. “Universitas akan membantu biaya perjalanan sebesar Rp 100 juta,” kata rektor di sela pelantikan fungsionaris mahasiswa, Kamis (5/9) malam. Meski belum bisa menutupi seluruh kebutuhan perjalanan untuk 45 anggota tim, dana tersebut diharapkan cukup dapat memotivasi.

Rencananya, PSM Gita Surya akan membawakan lima lagu dengan dua kategori mix danfoklore. Empat diantaranya lagu Indonesia dan satu diantaranya lagu Korea. Mereka juga berlatih dengan waktu intensif setiap hari untuk mematangkan kekompakan suara.

Salah seorang personil Gita Surya, Johan Aprilianto lagu andalan yang akan dibawakan adalah lagu Mecepat-cepat. Lagu dari Bali ini diyakini yang membuat tim UMM terpilih berangkat ke Busan setelah mengirim rekaman untuk diseleksi.

Tak hanya kali ini saja SM Gita Surya bersinar. Sebelumnya, pernah menyabet satu medali emas di SMAK Petra untuk kategori female choir dan mix choir, dua medali perak untuk kategori mix choir dan foklore di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 2012 dan juara II di Universitas Brawijaya (UB) Malang.

“Kami ingin meng-upgrade dan menunjukkan pada dunia jika Muhammadiyah  mampu bersaing dengan PS dari universitas bahkan negara lainnya,” tegas Johan yang juga mantan ketua PSM Gita Surya ini.

Pembantu Rektor III, Diah Karmiyati meminta seluruh mahasiswa ikut mendukung PSM Gita Surya. “Semoga tim kita pulang dengan membawa harum nama UMM dan Indonesia,” harap Diah.

Selain UMM, tim Indonesia lainnya yang akan berangkat ke Busan adalah  PS SMA 5 Bandung, PSM ITB dan PSM Universitas Negeri Jember (Unej). (nes/nas)

Similar Articles

Rektor Dukung PSM “... Setelah melalui seleksi ketat, kelompok paduan suara mahasiswa (PSM) Gita Surya Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dinyatakan masuk nominasi finalis Busan Choral Festival and Competition di Korea Selatan.
PSM Gitasurya UMM Raih Ti...   PADUAN Suara Mahasiswa (PSM) Gitasurya Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali menorehkan prestasi internasional. Tak tanggung-tanggung, tiga emas dan satu perak diraih dalam dua kompetisi sekaligus di
PSM Gitasurya Sabet 2 Med... Setelah sebelumnya berhasil menyabet Juara II dalam “4th Brawijawa Choir Festival” se-Jawa Timur, tim Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Gita Surya Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali membawa 2
PSM “Gitasurya̶... Tim Paduan Suara Mahasiwa (PSM) Gita Surya Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil menyabet juara II dalam “4thBrawijawa Choir Festival” se-Jawa Timur. Acara digelar di Gedung Rektorat lt.
1 Medali Emas dan 2 Medal... Berkompetisi dalam Festival Paduan Suara ITB ke XXIV membawa Paduan Suara Mahasiswa “Gitasurya” Universitas Muhammadiyah Malang meraih 1 medali emas dan 2 medali perak .Festival paduan suara
PSM “Gita SuryaR... ANTUSIASME penonton menyaksikan penampilan Paduan Suara Mahasiswa(PSM) Gita Surya UMM sangat besar. Sebanyak 400 kursi di Aula Teknik UMM terisi penuh. Bahkan adasejumlah penonton yang relahberdiri. Konser